Friday, August 29, 2008

Hillary: Pilihlah Obama


Denver, Selasa - Senator Hillary Rodham Clinton, lawan Barack Obama pada pemilu pendahuluan yang lalu, meminta semua pihak mendukung dan memilih Obama dalam pemilihan presiden 4 November. Dia juga menyampaikan pesan kepada pendukungnya bahwa pemilihan itu bukan tentang dirinya, tetapi Obama.

Pada awal pidatonya di Konvensi Partai Demokrat di Denver, Selasa (26/8), Hillary mengatakan dia adalah pendukung Obama. ”Ini saatnya bersatu untuk mencapai satu tujuan. Kita berada dalam tim yang sama,” ujar Hillary.

”Barack Obama adalah kandidat saya. Dan dia harus menjadi presiden selanjutnya,” kata Hillary yang tampil dengan baju berwarna oranye.

Hillary juga mengajak peserta konvensi untuk mengingat Angkatan Laut AS yang sedang berjuang untuk negara, para janda, keluarga yang pusing karena penghasilan pas-pasan, serta warga AS lainnya yang sedang mengalami kesulitan hidup.

Hillary mendapat pujian dari Obama yang menonton pidatonya dari Billings, Montana. Obama masih terus berkampanye dari negara bagian yang satu ke negara bagian lainnya untuk mendapat dukungan.

Aula konvensi diwarnai dengan pernak-pernik dukungan terhadap Hillary. Pernyataan Hillary menjadi penting karena ada isu perpecahan di Demokrat. Pada konvensi itu, beberapa delegasi membawa spanduk yang isinya masih mempromosikan Hillary sebagai presiden.

Hillary pun mengenang masa- masa kampanye pada pemilu pendahuluan. ”Anda membuat saya tertawa dan... Anda bahkan membuat saya menangis. Anda mengizinkan saya menjadi bagian dari hidup Anda dan Anda menjadi bagian dari hidup saya,” kata Hillary, yang pada pemilu pendahuluan beberapa kali menyerang Obama sebagai orang yang tidak berpengalaman dan menuduh Obama melakukan kampanye negatif. Akan tetapi, media dan warga AS justru menilai Hillary terlalu banyak menyerang Obama pada pemilu pendahuluan.

Obama memuji Hillary dengan mengatakan bahwa tindakan Hillary itu mempersatukan Demokrat.

McCain dicemooh

Hillary juga menjadikan kesempatan itu untuk mencemooh John McCain, calon presiden dari Partai Republik. Menurut Hillary, McCain adalah kembaran dari Presiden AS George Bush, dengan warisan kekacauan ekonomi, perang yang tak habis-habisnya, diplomasi internasional yang buruk, serta pelayanan kesehatan yang tak menjangkau banyak orang. ”No way, no how, no McCain,” kata Hillary.

Hillary mengatakan negara tidak bisa lagi menanggung warisan buruk itu di bawah McCain.

Hillary juga memberikan pernyataan simpati soal Michelle Obama, istri Barack Obama, sebagai wanita yang menyenangkan dan akan menjadi ibu negara yang besar.

Pada Rabu malam waktu Denver, suami Hillary, Bill Clinton, juga memberikan pidato yang menyerang McCain dan era pemerintahan Bush yang buruk.(AP/AFP/joe)

No comments: