Sunday, January 6, 2008

Pemilu Termahal Sepanjang Sejarah


Kandidat Presiden AS Berlomba Kumpulkan Dana


Des Moines, Kamis - Pemilu presiden Amerika Serikat 2008 disebut-sebut sebagai yang termahal sepanjang sejarah. Para kandidat berlomba-lomba mengumpulkan dana hingga puluhan juta dollar AS dalam kampanye demi meraih simpati dan suara dari calon pemilih.

Seperti diberitakan kantor berita Associated Press, Senator Hillary Clinton dan Barack Obama mengklaim telah menembus angka di atas 100 juta dollar AS selama penggalangan dana kampanye. Besarnya dana yang dikumpulkan kandidat dipandang sebagai salah satu faktor penentu—walaupun tidak otomatis—kemenangan sang kandidat.

Kandidat Republik, Mitt Romney, membuat 22.000 panggilan lewat telepon demi memastikan lebih dari 50.000 pendukungnya di Iowa memberikan suara dalam kaukus, Kamis (3/1) malam. Romney telah mengumpulkan dana 62,8 juta dollar AS.

"Pesan (kampanye) memang penting, begitu juga uang," kata Stephen Weissman, direktur kebijakan pada lembaga nonpartisan Campaign Finance Institute. Pendapat itu tepat menggambarkan berapa dana yang diperlukan seorang kandidat untuk tur di setiap negara bagian guna menemui pendukung, membayar staf kampanye, dan menyewa bus khusus.

Obama dan Hillary masing- masing memiliki lebih dari 500 staf. Mereka juga membeli masing-masing dua menit pada jam siaran di berita malam setiap stasiun televisi di Iowa. John Edwards dilaporkan telah mengunjungi 99 kabupaten di Iowa. Edwards telah mengantongi dana hingga 44 juta dollar AS untuk membiayai kampanyenya.

Menjelang kaukus di Iowa, berdasarkan sebuah perkiraan, para kandidat Demokrat mengeluarkan dana lebih dari 25 juta dollar AS. Jumlah itu, jika dibagikan kepada mereka yang datang ke kaukus, setiap peserta bisa mendapatkan lebih dari 100 dollar AS. Angka yang dikeluarkan kandidat Republik tidak jauh-jauh dari jumlah tersebut.(fro)

No comments: