Thursday, January 31, 2008

Samak Sundaravej, Pengawal Kepulangan Thaksin



Selasa, 29 Januari 2008 | 13:43 WIB

BANGKOK, SELASA - Perdana menteri Thailand terguling Thaksin Shinawatra akhirnya punya kawan di dalam negeri yang bakal mengamankan kepulangannya kelak.

Tokoh itu adalah Samak Sundaravej, Ketua Partai Kekuatan Rakyat (People Power Party/PPP) yang dipilih sebagai perdana menteri baru akan mulai bekerja awal pekan depan.

Samak, politisi veteran berusia 72 tahun telah berjanji akan membawa pulang Thaksin, meski pemilik klub sepak bola Inggris Manchester City itu akan menghadapi sejumlah dakwaan di pengadilan. Samak mendulang 310 suara di parlemen, Senin (28/1) mengalahkan pemimpin oposisi Abhisit Vejjajiva dari Partai Demokrat.

Ia akan mulai bekerja dan membentuk kabinet begitu raja Bhumibol Adulyadej memberikan kuasa kepadanya. Formalitas ini akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Samak mengatakan kabinetnya akan siap pada 6 Februari dan berjanji akan memasang ekonom kaliber tinggi untuk mendongkrak perekonomian Thailand. "Menteri keuangannya bakal kapabel, pintar dan profesional. Ia orang dalam partai, namun bisa diterima semua pihak," ujar Samak. Namun ia menolak menyebutkan namanya.

Setelah terpilih, Samak berbelanja di pasar ikan. Kepada para wartawan ia mengatakan tidak akan ada perayaan kemenangan. "Saya akan melanjutkan kehidupan normal saya. Tidak ada waktu untuk bulan madu," ujar Samak.

Sebelum kemenangan PPP akhir 2007, Thaksin memprediksi bisa pulang begitu pemerintahan Samak terbentuk. Namun pekan lalu, Pojaman, istri Thaksin mengatakan suaminya tidak akan pulang sampai Mei. Agaknya Thaksin ingin memanfaatkan kemenangan politiknya tanpa harus membuat marah para jenderal yang memusuhinya.

"Meski koalisi PPP mengambil alih pemerintahan, bukan berarti Thaksin akan pulang sebelum Mei," kata juru bicara Thaksin Noppadon Pattama.

No comments: