Monday, March 17, 2008

Pemilu Iran

Konservatif Tetap Kuasai Parlemen
Senin, 17 Maret 2008 | 00:35 WIB

Teheran, Minggu - Kelompok konservatif Iran hari Minggu tetap menguasai parlemen berdasarkan hasil awal pemilu. Kaum reformis memperlihatkan hasil membaik setelah menderita veto prapemilu.

Pihak konservatif diperkirakan akan mendapatkan 71 persen kursi, menurut kementerian dalam negeri, dalam sebuah pemilu yang menurut Uni Eropa ”tidak bebas dan tidak adil” karena banyaknya diskualifikasi terhadap kandidat reformis.

Masih harus dilihat bagaimana dukungan parlemen yang baru terhadap Presiden Mahmoud Ahmadinejad, yang harus mencalonkan diri kembali tahun depan, sementara rakyat tidak puas atas tingginya inflasi Iran.

”Rakyat kembali telah menyerahkan parlemen pada kaum Prinsipil,” kata surat kabar garis keras Kayhan, menggunakan nama yang diberikan kaum konservatif Iran pada diri mereka untuk menekankan kesetiaan mereka pada Revolusi Islam 1979.

Hasil akhir

Indikasi awal dari hasil pemilu untuk Teheran—yang memilih 30 anggota parlemen—memperlihatkan bahwa kandidat konservatif mengambil 14 kursi pertama tanpa perlu putaran kedua.

Namun, kaum reformis menganggap perolehan mereka ”sangat baik” dalam situasi ratusan kandidat terbaik mereka, termasuk anggota-anggota parlemen yang sekarang masih menjabat, didiskualifikasi oleh badan-badan garis keras karena dianggap tidak cukup setia pada nilai-nilai revolusioner.

Menurut TV pemerintah, kelompok konservatif telah memenangi 120 kursi dari 290 kursi. Kementerian Dalam Negeri Iran yang mengawasi pemilu hari Jumat tersebut mengatakan bahwa hasil akhir baru keluar paling cepat hari Senin (17/3). (AFP/Reuters/DI)

No comments: