Tuesday, February 5, 2008

Obama Unggul di California


EPA/PHIL MCCARTEN / Kompas Images
Maria Shriver, istri Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan keponakan John F Kennedy (kedua dari kanan),bergabung dengan Michelle Obama, istri calon presiden dari Partai Demokrat, Barack Obama ( kanan), bintang televisiOprah Winfrey (kedua dari kiri) dan Caroline Kennedy, dalam kampanye mendukung Obama di Los Angeles, California, Minggu (3/2). California ikut dalam Super Tuesday, 5 Februari.
Selasa, 5 Februari 2008 | 02:07 WIB

Washington, Senin - Sehari menjelang pemilihan Super Tuesday, para kandidat presiden Amerika Serikat bersaing sengit di California. California memiliki jumlah delegasi terbesar di antara 22 negara bagian yang menggelar pemilihan hari Selasa (5/2) ini, 441 delegasi untuk Partai Demokrat dan 173 untuk Partai Republik.

Berdasarkan jajak pendapat oleh Reuters/C-SPAN/Zogby di California yang dirilis hari Senin (4/2), kandidat Partai Demokrat, Barack Obama, unggul tipis atas rivalnya, Hillary Clinton, dengan 46 persen berbanding 40 persen.

”Momentum sedang bersama Obama. Jika tren ini berlanjut, (Super Tuesday) bisa jadi malam besar bagi dia,” kata John Zogby, pelaksana jajak pendapat.

Di kubu Partai Republik, kandidat Mitt Romney unggul atas pesaingnya, John McCain, yang lebih difavoritkan memenangi Super Tuesday. Romney memimpin dengan 40 persen, mengalahkan McCain yang memperoleh 32 persen.

”Romney memperlebar keunggulannya di California dan mendapat keuntungan besar dari kalangan konservatif,” ujar Zogby.

Namun, McCain diunggulkan di Connecticut, New York, New Jersey, dan Delaware, yaitu negara bagian yang memberikan seluruh delegasi bagi pemenang (the winner takes all). Dari empat negara bagian itu, McCain bisa memperoleh 198 delegasi, lebih banyak daripada California.

Makin ”panas”

Jika di kubu Partai Republik pemenang sudah mulai terlihat, di kubu Partai Demokrat persaingan lebih ketat dan lebih tidak jelas. Kedua kandidat Partai Demokrat terus memperkuat basis dukungan mereka. Hillary difavoritkan oleh pemilih perempuan, Hispanik, dan pemilih berusia tua, sedangkan Obama lebih didukung pemilih kulit hitam, laki-laki, dan kalangan muda.

Obama juga unggul di Negara Bagian Missouri dengan 47 persen berbanding 42 persen. Mereka berbagi angka sama di New Jersey dengan 43 persen.

Berbicara pada acara ”Face the Nation” di stasiun televisi CBS, Obama mengatakan dirinyalah yang lebih mampu menghadapi Republik pada pemilihan nasional, November mendatang. ”Saya kira tidak ada keraguan bahwa kalangan Republik menganggap dia (Hillary) sebagai sosok yang selalu mempertentangkan,” kata Obama.

Hillary menyanggah dan mengatakan Obama belum teruji selama bertahun-tahun seperti dirinya. ”Kita semua menginginkan seseorang dengan bekas luka perang, yang teruji, yang siap melangkah jauh melawan apa pun yang dilakukan Republik,” kata Hillary.

Sebanyak 1.681 delegasi Demokrat dipertaruhkan dalam Super Tuesday di 22 negara bagian. Adapun kubu Republik memperebutkan 1.023 delegasi pada Super Tuesday di 21 negara bagian. (AP/AFP/REUTERS/FRO)

No comments: